AMERICAN MADE 3.8/5 Stars
“Kembalinya Greget Pesona Cruise”

Setelah kegagalan reboot The Mummy yang seharusnya menjadi awal semesta Dark Universe, (masih di tahun yang sama) Tom Cruise kembali tampil (lagi, menjadi peran utama) dalam biopik Barry Seal. Semasa hidup, karir Barry berawal cemerlang menjadi pilot pesawat komersil di usia muda. Saking membosankannya hidup, ia sampai merasa perlu untuk mengguncangkan pesawat sesekali.

Karakter Barry yang anti kemapanan mulai menemukan titik terang ketika didatangi agen CIA, Schaffer (Domnhall Gleeson). Ia ditawari bergabung untuk menerbangkan pesawat dengan misi khusus: memotret daerah konflik sekaligus kurir. Tak butuh lama bagi Barry menemukan celah lain di profesinya yang baru. Perkenalannya dengan sindikat narkoba di Amerika Selatan membuatnya menjadi agen ganda yang memiliki agenda tersendiri. Sepak terjang Barry nyaris tak terendus sang istri, Lucy (Sarah Wright).

Kerjasama kedua sutradara Doug Liman dengan Tom Cruise setelah The Edge of Tomorrow menampilkan hasil kerja di atas rata-rata. Penyutradaraan padat dan penggambaran Cruise yang tak kalah asik menjadi jiwa yang melingkupi. Editing rapi dan pilihan tone warna vintage menjadi faktor pendukung mood film.

Apapun perannya di sebagian besar film-filmnya, tampaknya Cruise selalu menonjolkan dan menampilkan aura tokoh yang tak berbeda jauh. Khusus film ini, karakter Cruise tampak lebih tak sekedar 2 dimensi. Peran utama yang tak sepenuhnya protagonis, ditambah pergerakan cerita yang tak membosankan membuat film berdurasi 115 menit ini seru untuk diikuti.

Cruise sebaiknya perlu lebih cerdik memilih peran, salah satunya seperti yang dibuktikannya di film yang lebih dulu dirilis di Indonesia daripada di negara asalnya ini. Inilah Cruise yang selama ini hilang ditelan barisan karakter franchise. Kadar control freak yang dimilikinya bila ditempatkan di peran yang sesuai bisa menjadi sesuatu yang memberi nilai tambah, alih-alih membuat jengkel banyak pihak.

Text by Pikukuh
Photo by showcasecinemas[dot]co[dot]uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *