ANNABELLE: CREATION 3.9/5 Stars
“Teror Perkenalan Penuh Greget”

Dalam semesta Conjuring, kemunculan boneka Annabelle menjadi hal penting yang masih menarik untuk diulik. Bahkan layak dibuatkan film utuhnya tersendiri. Meski hasilnya belum mampu menandingi dwilogi The Conjuring, para produser tetap berharap pada boneka misterius ini. Rasa ingin tahu penonton tentang asal muasal boneka Annabelle terjawab di prekuel ini.

Pasutri Sam Mullins (Anthony LaPaglia) & Esther (Miranda Otto) terpaksa harus merelakan kepergian putri satu-satunya Bee (Samara Lee) akibat kecelakaan tragis. 12 tahun berlalu, Sam mempersilakan 6 putri dari panti asuhan ikut pindah ke rumahnya yang megah namun lowong. Mereka ditemani Suster Charlotte (Stephanie Sigman).

Salah satu putri, Janice (Talitha Bateman) mulai menemukan hal ganjil. Pintu kamar yang seharusnya selalu terkunci mendadak terbuka, seolah memintanya masuk. Tak butuh lama hingga Janice menemukan boneka Annabelle dan dimulailah teror di rumah Mullins. Bukan saja Janice yang diganggu. Para putri lain pun merasa terusik dengan kehadiran sosok dari dimensi lain.

Sang sutradara, David F Sandberg menjadi pilihan tepat untuk mengarahkan horor berdurasi 109 menit ini. Rekam jejaknya yang juga penuh teror dalam kegelapan, Lights Out menjadi bukti nyata bahwa Sandberg piawai dalam menebar kengerian, terutama saat lampu dipadamkan. Tak hanya bermain di sisi cahaya, suara mengagetkan dan keheningan masih menjadi menu utama dalam menakuti para penonton.

Secara keseluruhan Annabelle: Creation melampaui seri sebelumnya yang masih di taraf standar. Film ini didukung solidnya plot, intensitas ketegangan yang terjaga hingga bagian akhir yang mengalir mulus. Dengan rating R (Restricted), sangat disarankan anak atau remaja usia belia tak menonton visual dan audio yang dapat membuat tak nyaman.

James Wan semula tak menyangka The Conjuring yang dulu disutradarainya mampu menjadi franchise yang sukses melahirkan spin off lainnya. Proyek The Nun alias Hantu Valak siap diluncurkan tahun depan. Sementara itu, Annabelle: Creation memiliki greget yang cukup untuk “menghibur” penonton dengan terornya yang rapat nan jitu.

Text by Pikukuh
Photo by denofgeek[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *