BABY DRIVER 4.4/5 Stars
“Paket Lengkap Sinematik Rasa Orisinal”

Judul yang sederhana, namun tegas. Seorang sopir yang bernama Baby (Ansel Elgort). Pemuda yang sekilas tampak biasa ini memiliki keahlian setir yang diperlukan setiap kriminal beraksi. Kelihaiannya menghindar dari kejaran polisi di darat (bahkan di udara) dengan kecepatan dan adrenalin tinggi menjadi langganan Doc (Kevin Spacey). Perkenalan mereka membuat Baby harus bekerja berulangkali untuk Doc.

Setelah hutang Baby lunas pun, ia masih diancam agar tetap menjadi antek Doc. Aksi pencurian berikutnya yang masih melibatkan pasangan Buddy (Jon Hamm)-Darling (Eliza Gonzales) serta kriminal cepat dan tiba-tiba ala Bats (Jamie Foxx) berakhir tak terduga.

Keunikan lain Baby terletak pada sindrom tinnitus yang membuat kupingnya selalu berdengung. Untuk mengatasinya, Baby selalu memasang musik pada kedua telinganya, tanpa kehilangan sama sekali kemampuan untuk berkonsentrasi.

Pemilihan musik pada film yang pendapatan kotornya di Amerika Serikat dan Kanada telah menembus USD 103 juta ini, tak sekedar berperan sebagai latar belakang. Musik justru menjadi jiwa, karakter tersendiri yang melingkupi nyaris di sepanjang durasi. Berkat sound mixing dan sound editing yang sangat baik, penonton seolah diposisikan berada di posisi pendengaran Baby.

Detil teknis film ini tak hanya nyaman dinikmati dari indera pendengar. Sajian aksi ditampilkan nyata, tanpa efek layar hijau atau dihujani efek visual, layaknya film kebut-kebutan-yang-sudah-sambung-menyambung (ya, ini merujuk kepada seri Fast and Furious yang kian berlebihan). Sungguh menyegarkan menjadi saksi perjuangan Baby dengan kadar aksi yang memacu adrenalin tanpa harus jatuh menjadi picisan dan berlebihan.

Sang sutradara merangkap penulis skenario (dan salah satu produser), Edgar Wright tak luput memberi unsur romansa, yang sekali lagi di luar dugaan. Kisah kasih Baby dan Debora (Lily James) sama sekali bukan tempelan. Jauh dari kesan menjadi subplot tambahan apalagi dipaksakan. Penonton sangat mudah jatuh hati kepada chemistry Baby-Debora dan berharap-harap cemas mereka menemukan akhir yang manis.

Seluruh pemain Baby Driver telah menunaikan tugasnya sesuai karakter dengan takaran yang sesuai. Karakter Bats dan Doc juga digambarkan konsisten oleh duo pemenang Oscar: Foxx dan Spacey. Jangan lewatkan juga karakter Buddy yang penuh perkembangan. Seluruh karakter seolah memiliki roh dan pemahaman yang cukup untuk membuat para penonton peduli.

Baby Driver menjadi puncak karier Wright sejauh ini. Ia lincah mengomandoi orkestra pertunjukan selama 112 menit. Nyaris sempurna di semua lini. Cerita bergeser mulus dengan plot semakin liar menuju klimaks, skenario yang berisi, karakter yang bernyawa hingga detil teknis yang mengagumkan.

Orisinalitas Baby Driver menjadi penghibur di tengah sesaknya serbuan Film Musim Panas 2017 yang penuh dengan sekuel menjemukan. Baby Driver layak diberi predikat Film Musim Panas Terkeren 2017. Pengalaman sinematik sejati nan legit, sekaligus membuat film aksi lain terlihat receh dan terlupakan.

Text by Pikukuh
Photo by showcasecinemas[dot]co[dot]uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *