picnic solo

Beberapa teman sering nanyain tips Solo Traveling. Setelah beberapa kali saya dihadapkan dengan pertanyaan yang sama, rasanya tepat kalau sekarang Hira share tips jalan-jalan sendiri. Tanpa bermaksud menggurui (karena Hira bukan guru, hehe), yuk simak tips-nya:

  • Tentukan Tujuan

Penentuan tujuan sangat berpengaruh terhadap rencana perjalanan. Apalagi kalau ingin merencanakan budget, transportasi, dan rencana kegiatan.

  • Buatlah Budget Perjalanan

Ini penting bagi solo traveler, karena selain harus survive sendiri, biaya yang keluar pun biasanya lebih banyak. Persiapkan budget, jangan sampai kekurangan duit. Karena nggak ada teman sharing keuangan atau teman yang bisa dipinjemin duit.

  • Browsing tempat tujuan

Browsing sangat berguna untuk tahu medan yang akan dituju dan persiapan barang bawaan. Browsing teruuuus pokoknya!!! Apa saja yang bisa dicari tahu, ya baiknya dicari sedetail-detailnya.

  • Peta/GPS

Kalau kamu belum punya gambaran sama sekali dengan tempat yang ingin dituju, Peta atau GPS jadi alat paling penting untuk penunjuk arah. Handphone (HP)  jaman sekarang memang udah canggih, ada GPS-nya, tapi rasanya agak bahaya juga kalau hanya mengandalkan HP saja, karena terkadang tempat yang dituju pun belum tentu ada sinyal. Jengjeeeeng….

  • Identitas Diri

Simpan dan bawa identitas diri dengan baik kemanapun kamu pergi. Jangan sampe lupa, terutama di negara orang. Bahaya cuuy..

  • Murah tapi Jangan Murahan

Murah senyum, tapi jangan mau terlalu dibaikin sama orang, selain baru kenal nanti hutang budi (nggak mau kan bayarin uang si Budi? hahaha). Waspada, tapi nggak berarti antipati sama orang. Tetap senyum dan ramah yaaa. Siapa tahu ketemu jodoh di perjalanan (ngareeeep)

  • Letakkan Uang secara Terpencar

Jangan menaruh uang di satu tempat. Lagi-lagi kita nggak pernah tahu apa yang bakal terjadi selama perjalanan. Jadi misalkan dompet hilang, kamu masih punya uang di tempat yang lainnya.

 

Tips terakhir, tetap dan terus waspada, juga yakin kalau kamu berani dan mampu solo traveling.

Solo traveling bukan hanya sebuah perjalanan, tapi di sini adalah tempat kamu mengenal dirimu yang sebenarnya dan seberapa kuat kamu bertahan dengan dirimu sendiri.

Yang bikin sedih dari Solo traveling, nggak ada teman yang mau moto-in saya bernarsis narsis, palingan modal tripod atau minta tolong orang lokal. So, setiap pulang dari berpergian sendiri, nggak banyak foto saya hahaha..

Oiyah, kalau ternyata kamu punya kenalan di kota atau negara tujuan, bisa lho kontak-kontak teman disana. At least ada yang bisa nemenin kamu meski cuma satu atau dua jam.

Suatu perencanan yang matang sangat penting untuk solo traveling.

Oiyah jangan lupa ijin orangtua dulu. Doa orangtua menyertai dan merestuimu.

Photo and Text by Hiralalitya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *