My Stupid Boss
 MY STUPID BOSS 3.6/5 Stars
“Pembuktian Unik Reza & BCL”

Diana (Bunga Citra Lestari (BCL)), yang kini bermukim di Kuala Lumpur, mengikuti suami Dika (Alex Abbad) yang dikisahkan berdinas sebagai konsultan di perusahaan minyak namun lebih banyak bekerja dari dalam apartemennya. Setelah 3 bulan menganggur, Diana akhirnya mendapat kesempatan wawancara untuk bekerja kepada, sebut saja, Bossman (Reza Rahadian), sohib Dika saat keduanya bersekolah di Negara Paman Sam.

Dari impression saat wawancara pekerjaan yang “tidak biasa”, Diana diterima bekerja di perusahaan Bossman. Kecurigaan Diana kian terbukti ketika hari lepas hari, Bossman kian menunjukkan sikap atau perkataan yang egois, tidak konsisten, pelit, tidak percaya terhadap siapapun bahkan menjerumuskan anak buah! Diana masih mencoba sabar karena terikat kontrak, jika mengundurkan diri sebelum waktunya, maka ia harus membayar denda. Begitu juga sebaliknya jika perusahaan memberhentikannya sebelum kontraknya habis. Diana pula lah yang paling berani melawan Bossman di antara karyawan yang lain.

Alur yang ditampilkan terdiri dari beberapa babak, mulai dari kekesalan Diana atas ulah “unik” Bossman, “penerimaan” yang berujung pada perang mental versus Bossman, hingga babak ketika Diana memutuskan “berpisah” dari Bossman. Sampai di sini semua berjalan cukup lumrah layaknya komedi antara dua pihak yang berseberangan.

Namun tatkala memasuki babak akhir alias rekonsiliasi, subplot yang ditulis sang sutradara sendiri, Upi (Serigala Terakhir, Radit dan Jani) langsung kendor alias melemah. Sisi Bossman yang bertolak belakang tampak dipaksakan jika tidak mau dikatakan tidak logis. Bagian akhir film yang diharapkan mengangkat ritme keseluruhan film yang memang sudah menanjak sedari awal, justru berbalik anti klimaks. Patut disayangkan.

My Stupid Boss adalah sebuah pembuktian. Bukti nyata bahwa chemistry Reza Rahadian dan BCL mampu lepas dari bayang-bayang kesuksesan karakter Habibie dan Ainun yang telah menghipnotis publik dengan raihan telah ditonton sekitar 4,5 juta orang. My Stupid Boss bukanlah Habibie dan Ainun. Kecerdikan Reza dan BCL dalam mengambil peran yang berbeda patut diberi kredit, terutama akting Reza yang benar-benar menyebalkan sebagai Bossman.

Terlepas dari plot yang temponya menurun, film yang berlokasi dan mengambil setting di malaysia ini juga pintar. Cermat dalam hal pemilihan lokasi dan budaya sehingga masuk pasar di 2 negara sekaligus: Indonesia dan Malaysia. Pundi-pundi yang akan didapat oleh para produser sudah dibayangkan di depan mata, apalagi My Stupid Boss telah ditonton hampir 96 ribu orang hanya di hari perdana pemutarannya saja.

Sisi komedi pun ditampilkan berimbang antara lekucon yang berhasil dan kurang tepat sasaran. Tengoklah adegan saat Mr Kho “ulang tahun” dan dirayakan dengan makan masakan Rusia karya istri Bossman (Melissa Karim), sungguh mengundang tawa! Editing dan skenario yang pas menjadi kuncinya.

My Stupid Boss adalah sebuah film yang menghibur dan komersil. Berhasil dari kedua sisi tersebut walaupun masih terasa jauh dari logika. Selamat untuk Reza dan BCL atas pencapaian unik di luar Habibie dan Ainun.

Text by Pikukuh
Photo imdb[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *