Selasa (9/7) sore, handphone saya bolak-balik berbunyi, apalagi kalau bukan notifikasi whatsapp group alumni SINGYOURMIND Free Public Speaking Class. Nggak kaget sih! Karena sebentar lagi, saya dan 12 alumni lainnya akan live on air mewakili SINGYOURMIND di Hardrock FM Surabaya. Hebat! Tidak ada yang terlambat, semua datang sebelum pukul 7.

Ilmu ‘be in time’ yang kami dapat dari para fasilitator selama di kelas, benar-benar dipraktekkan sore itu. Siaran jam 7, tapi kami janjian sudah harus sampai studio siaran Hardrock FM di Graha Pena 1 jam sebelum on air. ‘Be in time’ is more than ‘be on time’! Actually, ‘be in time’ juga perlahan mulai saya praktekkan di semua aktivitas saya, dan sepertinya beberapa teman alumni juga mulai terbiasa melakukannya.

Sebelum mulai on air, bareng Dego Taharuddin dan Felicia Amerda (penyiar Hardrock FM), kami diajak memainkan off air games berhadiah voucher makan di salah satu cafe di Surabaya. It was really fun!

Acara utama, live on air di program Drive and Jive, jelas yang saya tunggu-tunggu! Kami diajak ngobrol sebanyak 3 segmen, yang semuanya penuh dengan tawa. Mulai dikasih pertanyaan random, one by one: “Paling suka ngomongin apa dan siapa?”, sampai “Kenapa butuh ilmu public speaking?”.

Saya dan 12 teman alumni yang bisa ikutan live on air ini bisa dipastikan jago olahraga jari alias text-ing. Kami tidak dipilih, tapi cepet-cepetan mengisi list yang “dilempar” sama admin whatsapp group alumni beberapa hari sebelumnya. Sempat chaos di whatsapp group alumni, karena banyak alumni berebut menuliskan namanya, sedangkan kuota hanya 13 orang.

Tapi tenang! Masih ada kesempatan kok buat alumni yang belum beruntung, karena kabarnya bulan Juni mendatang #SingYourMindIsWithYou akan live on air di salah satu radio anak muda Surabaya. Biar nggak ketinggalan lagi, tips dari saya: rajin cek whatsapp group dan latihan olahraga jari. Hihi.

Anyway, media visit yang bertajuk #SingYourMindIsWithYou yang hanya bisa diikuti oleh alumni SINGYOURMIND Free Public Speaking Class ini rutin dilakukan setiap 2 bulan. Live on air di Hardrock FM adalah yang keempat. Tiga kunjungan sebelumnya ke radio dan televisi kampus, seperti Box Radio UNTAG (Desember 2016), Dakwah TV UINSA (Januari 2017), dan Petra Campus Radio (Maret 2017).

Contributor: Kenni Weatherly (alumni #FreePublicSpeakingClass Chapter 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *