1. Apa beda pomade dengan minyak rambut seperti G***by, Br**k, dan B****m yang dulu pernah ng-hits di tahun 90-an? -Andre, 25, Surabaya-

Halo Andre di Surabaya! Terimakasih pertanyaannya. Sebenarnya bukan masalah merk, G***by pun sekarang punya produk pomade. Lebih tepatnya bisa dibedakan menjadi berbagai jenis, seperti: pomade, gell, wax, dan minyak rambut. Pomade sebenarnya ada 2 macam, yaitu oilbased dan waterbased. Oilbased cocok digunakan untuk aktivitas outdoor maupun indoor, dan untuk menghilangkannya butuh waktu 2-3 hari keramas, jadi bisa lebih hemat. Sedangkan waterbased lebih cocok untuk aktivitas indoor, dan untuk menghilangkannya lebih mudah, yaitu cukup dibilas.

Minyak rambut, seperti Br**k dan B****m sebenarnya hanya berfungsi sebagai “pencitraan”, yaitu supaya rambut terlihat basah, tetapi minyak rambut varian ini tidak tahan lama, sifatnya hampir sama dengan pomade oilbased yang tidak strong.

Kalau Gell dapat membuat rambut terlihat basah dan kaku, sifatnya hampir sama dengan pomade waterbased yang lebih kuat.

Sedangkan Wax lebih tepat digunakan bagi yang rambutnya tidak ingin terlalu rapi, sehingga rambut tidak tampak basah. Fungsi utama Wax untuk mempertahankan atau “memberikan” volume pada rambut.

3

2. Apa pakai pomade bisa bikin ketombean? -Rendra, 22, Malang-

Hai Rendra! Terimakasih pertanyaannya. Ketombe pada dasarnya merupakan pengelupasan kulit mati di kulit kepala secara berlebihan. Jadi masalahnya ada di kulit kepala. Sedangkan, pemakaian pomade atau product styling lainnya untuk batang rambut. Jadi, pomade tidak membuat timbulnya ketombe.

1

3. Apakah memakai pomade setiap hari itu aman (sehat, red)? -Bayu, 21, Malang-

Halo Bayu! Aman atau tidak itu tergantung apakah rumah sudah dikunci atau belum, kalau sudah dikunci pasti akan aman. Hehe. Tapi untuk pertanyaan apakah penggunaan pomade berlebihan itu baik untuk rambut, jawabannya adalah: apapun yang berlebihan tentu saja tidak baik, jadi pakai secukupnya saja ya!

2

4. Bagaimana cara memilih pomade yang tepat? -Sandy, 24, Malang-

Hai Sandy! Sebelum menggunakan pomade, kamu perlu tahu jenis dan tujuan pengguna pomade. Kalau rambut asli adalah bergelombang, dan ingin menjadi lurus, maka cari yang hold-nya kuat (kalau kurang kuat, cari yang paling kuat). Sedangkan kalau pola rambut gelombang/ikal ingin tetap terlihat, maka pilihlah yang tidak ada hold-nya, sehingga dapat membuat “pencitraan”  rambut “terlihat” basah. Yang terpenting dalam memilih pomade harus menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Kalau sering beraktivitas outdoor, bisa memilih oilbased. Kalau indoor, pilih waterbased. Terakhit, tidak semua rambut ikal/bergelombang harus terlihat lurus, kuncinya adalah harus bersyukur dan tetap percaya diri.

 

Text & Photo by @yanusputrada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *