a

  1. Tentukan berapa lama kamu akan bepergian. Hitung secara rinci, seperti waktu perjalanan berangkat dan waktu perjalanan pulang. Jangan sampai waktu kamu lebih banyak habis di perjalanan.
  2. Sesuaikan waktu bepergian dengan jadwal libur. Kalau libur sekolah/kampus/kantor kamu dianggap masih kurang, segera cari alasan buat bolos.
  3. Pilih destinasi berlibur, dan jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu. Jangan sampai budget cuma sejuta, tapi pengen berlibur ke Eropa. Bisa sih nyampe ke Eropa, tinggal cari tambahan dari hutang teman/keluarga. Kemudian balik pulang bisa nunggu tiket gratisan alias dideportasi sama pemerintah luar negeri.
  4. Tentukan budget maksimal. Jangan kuras tabungan pribadi untuk berlibur. Kalau menguras tabungan pacar itu nggak apa apa.
  5. Cari travelmates atau teman seperjalanan supaya bisa sharing budget. Lebih enak lagi travelmates kamu adalah pacar. Tidak perlu sharing budget, karena semua kebutuhan kamu bisa minta dibayarin sama pacar.
  6. Cari penginapan dengan harga murah di website booking hotel atau lebih bagus lagi kalau bisa homestay di rumah warga.b
  7. Kalau kamu punya saudara atau teman di tempat berlibur, usahakan berkunjung. Selain bisa menyambung silaturahmi, kamu bisa dapat penginapan sekaligus makanan gratis. Lebih untung lagi kalau kamu diantar keliling tempat wisata. Bisa lebih hemat!
  8. Kalau waktu perjalanan ke destinasi berlibur cukup jauh, lebih baik berangkat malam hari. Bisa lebih menghemat biaya menginap di hotel.
  9. Jangan masukkan pusat oleh-oleh sebagai destinasi liburan. Bukannya liburan hemat, tapi malah tekor.
  10. Kalau perjalanan dengan pesawat, lebih baik pesan tiket (minimal) 2 bulan sebelum keberangkatan. Jadi kamu bisa dapet tiket promo.

Script by Prasetyo Wahyu Kartiko
Photo by terbangtiket[dot]com – Instagram: [at]terbang_tour