WAR FOR THE PLANET OF THE APES 3.9/5 Stars
“Konflik Pribadi Primata Sarat Emosi”

Petualangan Caesar (Andy Serkis) berlanjut di seri pamungkas. Kematian Koba (Toby Kebbel) kerap menghantui mimpi Caesar. Terlebih saat Caesar bersama komunitas kera hidup dalam persembunyian. Mereka kini berlindung dari serbuan tentara di bawah komando Kolonel (Woody Harrelson).

Perbuatan keji Kolonel yang mengakibatkan Caesar kehilangan sosok-sosok terdekatnya, membuat ia murka. Tak disadari, emosi Caesar tak ubahnya seperti Koba. Rekan sesama kera mencoba mengingatkan, namun Caesar tetap gigih balas dendam kepada Kolonel apapun resikonya.

Di akhir trilogi versi kekinian Planet Kera ini, Matt Reeves, sang sutradara kembali mengingatkan penonton akan sosok primata yang jauh lebih manusiawi dibanding manusia itu sendiri. Sebagai salah satu penulis skenario, Reeves memberikan asupan “gizi” dalam dialog antar kera, walau dengan bahasa isyarat sekalipun.

Jika di film pertamanya (Rise of The Planet of The Apes) masih berupa perkenalan dan puncak konflik dihadirkan di seri lanjutannya (Dawn of The Planet of The Apes), maka jilid ketiganya ini berlaku sebagai penutup yang pantas. Memang tetap lebih seru film kedua, namun Reeves mengakhiri perjuangan Caesar jauh dari kesan remeh temeh. Plus ditambah dengan efek visual yang kian mulus.

Fokus kisah yang berpusat di Caesar memiliki konsekuensi tersendiri. Karakter Kolonel menjadi lebih dangkal, sekaligus berjarak dengan penonton. Peran manusia yang lain pun tampil jauh dari kata signifikan, kecuali sosok gadis bisu misterius yang kemudian dinamakan Nova. Sementara itu, unsur humor dicoba dihadirkan lewat tokoh Bad Ape (Steve Zahn), yang tak sepenuhnya berhasil.

Tampaknya deretan penulis skenario mencoba menarik benang merah antara akhir trilogi ini dengan versi awal Planet of The Apes (1968). Sebuah kesimpulan akhir yang dapat menimbulkan pemahaman tersendiri, tetapi di sisi lain masih ada beberapa hal yang (sengaja?) terlewat dijelaskan secara blak-blakan.

Text by Pikukuh
Photo by denofgeek[dot]com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *