47 METERS DOWN 3/5 Stars
“Bertahan Hidup, Menghalau Ketakutan”

Kakak beradik Lisa (Mandy Moore) dan Kate (Claire Holt) berlibur bersama ke Mexico. Awalnya Lisa liburan ditemani pujaan hatinya. Tak disangka, Lisa ditinggalkan oleh sang mantan di saat ia sedang sayang-sayangnya. Kemungkinan alasan diputus sepihak karena karakter Lisa yang membosankan, berbeda dengan sang adik, Kate yang berjiwa petualang.

Sepasang kakak beradik ini diajak pemuda lokal untuk mencoba sensasi baru: menyelam di kedalaman 5 meter untuk melihat langsung hiu dari bawah laut! Yang berbeda, mereka dimasukkan di kandang saat berada di dekat kawanan hiu dan ikan lainnya. Sebenarnya tak berbeda jauh dengan berwisata ke kebun binatang, yang membedakan posisi mereka yang di dalam sangkar.

Lisa merasa ada yang tak nyaman saat akan mengiyakan ajakan tersebut. Bahkan hingga sesaat sebelum turun diving pun, Lisa masih merasa ada yang aneh. Kate pun menenangkan sang kakak, bahwa dengan melakukan aksi berbeda di bawah laut justru akan menunjukkan Lisa tak sehambar yang dikira mantannya.

Petualangan duo kakak beradik ini berawal mengesankan hingga saat ketika kandang yang berisi mereka sedang ditarik ke atas, hal buruk terjadi. Talinya putus hingga mereka jatuh ke kedalaman 47 meter. Dengan sisa oksigen yang terbatas, mereka berusaha bertahan hidup sambil terus menghindari serangan hiu, mencari bantuan, sekaligus melawan kegelapan dan rasa takut akan ruang sempit.

Thriller kelas B ini mampu memberi rasa tak nyaman, sekaligus menyusun ketegangan. Itu semua berkat tata suara yang mendukung dan sinematografi menawan. Penonton seolah-olah diposisikan ada di pandangan mata posisi Kate atau Lisa yang serba terbatas. Ketidaktahuan menimbulkan kebingungan, kegelisahan hingga ketakutan.

Dengan karakterisasi yang tipis, tak disangka tokoh Kate dan Lisa nyaris tak berjarak dengan penonton. Siapapun yang menyaksikan perjuangan mereka, pastilah ikut harap-harap cemas akan keselamatan mereka. Terlebih puntiran cerita menjelang akhir kisah yang bisa saja membuat penonton terbagi ke dua kubu: berkenan / tidak berkenan?

Dibanding genre sejenis, thriller Blake Lively (The Shallows) jauh lebih unggul dari banyak hal. Meski begitu, film berdurasi 89 menit ini bukanlah karya yang buruk, tapi masih terlupakan. Menghibur sesuai tujuannya plus sukses membangun ketegangan meski tidak sepenuhnya bodoh dari sisi plot dan motivasi karakter utamanya.

Text by Pikukuh
Photo by ihorror[dot]com

Tinggalkan Balasan