Wakeupiris Talkshow with Earth Hour Malang photo by Kornelius RenataDi hari kasih sayang, (biasanya) kita berbelanja dan membeli barang untuk pacarnya. Hari Valentine juga jadi hari yang spesial untuk penjual kado, bunga, dan makanan favorit.

Pernah kepikiran nggak? Barang yang kita beli untuk orang terkasih sudah aman kepada bumi, rumah kita dan orang terkasih hidup?

#BeliYangBaik, diadakan di Coffee Toffee Malang, 13 Februari kemarin oleh Earth Hour Malang, kampanye gaya konsumsi yang ramah lingkungan, agar bumi juga terjaga dan tetap dapat dihuni oleh anak cucu kita di masa mendatang.

Wake Up, Iris!, band indie Malang yang digawangi oleh Bie Paksi (vokal, gitar, kickdrum) dan Vania Marisca (vokal, biola), dipilih menjadi salah satu Duta Earth Hour Malang 2016. Mereka bercerita tentang gaya hidup hijau mereka yang sudah dijalankan. Mereka juga mengajak untuk tidak hanya berkasih-sayang kepada pasangan, tapi juga kasih sayang kepada bumi.

“Hal kecil jika dilakukan oleh banyak orang akan terasa perubahannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam dan merawat tanaman hingga mengurangi sampah dengan cara, antara lain, daur ulang dan membeli yang baik” ujar Bie Paksi.

#BeliYangBaik menginformasikan tentang label ramah lingkungan seperti FSC, MSC, ASC, dan RSPO yang biasanya ada di kemasan barang. Label ramah lingkungan menjamin produsen barang-barang itu tidak sembarangan dengan mata rantai produksi dan memikirkan sumber daya alam yang digunakan.

“Harapannya, kita belajar memilah konsumsi kita dan mulai memikirkan kelestarian alam dari apapun yang kita belanjakan” sambung Vania Marisca.

Wake Up, Iris! yang terbentuk awal tahun 2015 dan sudah bermain di Malang, Surabaya dan daerah di Jawa Timur lainnya ini akan memproduksi album pertama dalam waktu dekat.

Text by Octian Anugeraha
Photo by @wakeupiris

Tinggalkan Balasan