dp-film-posterDARK PLACES 3.3/5 STARS
“Ketika Thriller Kehilangan Gregetnya”

Diangkat dari novel karya Gillian Flynn (pengarang Gone Girl, salah satu film terkeren tahun lalu), Dark Places berharap memperoleh capaian yang kurang lebih sama dengan Gone Girl. Apalagi dibintangi aktris peraih Oscar, . Sementara para bintang pendukung Nicholas Hoult (Warm Bodies), Chloe Graze Moretz (dwilogi Kick Ass) dan Corey Stoll (Ant-Man) memiliki reputasi yang tidak buruk.

Penonton dikenalkan dengan tokoh sentral Libby Day (Theron). Libby kecil menjadi satu-satunya anggota keluarga yang selamat‎ ketika ibu dan saudara-saudara perempuannya ditemukan tewas di rumahnya. Sang kakak lelaki, Ben Day menjadi tersangka utama, yang konon terlibat dengan sekte sesat.

Saat dewasa, Libby hidup dari belas kasihan orang lain dan tinggal di tempat yang tidak layak. Suatu hari, seorang pemuda Lyle Wirth (Hoult) datang menemuinya, menawari agar babak kisah kelam‎ kehidupannya dapat dibuka kembali, alias diinvestigasi oleh klub detektif amatiran di mana Lyle menjadi pengurusnya. Libby yang kesulitan finansial tak kuasa menolak ajakan Lyle.

Perlahan-lahan petunjuk misteri mulai terkuak. Apakah tuduhan yang dialamatkan kepada Ben (Stoll)‎ yang kini masih mendekam di penjara itu benar? Lalu apa keterkaitan Diondra, kekasih Ben pada waktu malam kejadian?

Dark Places memiliki potensi unsur greget dan ketegangan‎ yang sayangnya di versi filmnya tidak digarap optimal. Alur maju-mundur yang ditampilkan nyaris membosankan, jauh dari mengesankan seperti  ketika David Fincher yang mengarahkan alur flashback Gone Girl‎.

Hingga ketika pada akhirnya twist terbuka, penonton nyaris tidak merasakan greget yang berarti. Seolah-olah motif yang dipaparkan tidak mengejutkan, padahal imbasnya sungguh membuat hidup Libby dan Ben berantakan.

Penampilan Theron pun terbilang sungguh biasa saja. Level chemistry-nya dengan Hoult sangat jauh di bawah peran a‎pik Mad Max Fury Road. Plot maupun skenario yang disusun Gilles Paquet-Brenner tergolong sangat biasa untuk sebuah karya sepotensial ini. Pada akhirnya thriller ini digarap (seolah-olah) ala kadarnya dan mudah dilupakan. Sungguh patut disayangkan..

Text by @pikukuh22
Photo by imdb[dot]com

Tinggalkan Balasan