ghostbustersGHOSTBUSTERS 3.5/5 Stars
“Hiburan Ringan Pemburu Hantu Feminis”

Hollywood kembali kehabisan ide segar dan mulai bergantian memproduksi ulang film lawasnya, salah satunya Ghostbusters. Seri pertamanya dibuat 1984 dan berlanjut dengan sekuelnya 1989, kini Ghostbusters mengalami reboot 27 tahun setelah film terakhirnya. Sutradara dwilogi sebelumnya, Ivan Reitman kini beralih ke kursi produser. Di tangan penulis duo Paul Feig (sekaligus sutradara) dan Katie Dippold, versi reboot ini mengalami perubahan signifikan: mengganti gender keempat pemeran utama menjadi wanita!

Pilihan pergantian gender ini termasuk beresiko tinggi mengingat hasil Ghostbusters menuai jumlah dislike trailer terbanyak sepanjang sejarah youtube: lebih dari 969 ribu saat tulisan ini dirilis. Bahkan jumlah like-nya pun hanya sekitar 276 ribu alias hanya 22% dari total pemilih. Artinya sekitar 78% tidak menyukai trailer film berdurasi 116 menit ini.

Keempat jagoan wanita kita terdiri dari: Erin Gilbert (Kristen Wiig), Abby Yates (Melissa McCarthy), Jillian Holtzmann (Kate McKinnon) dan Patty Tolan (Leslie Jones). Erin & Abby telah bersahabat sejak SMA, namun karena terjadi sesuatu hal, Erin dianggap telah meninggalkan Abby. Hanya karakter Erin & Abby yang diberikan latar belakang cukup beralasan. Kesetiakawanan Erin & Abby juga tergambar dengan baik, namun sayangnya tidak demikian dengan hubungan antar karakter lainnya. Jillian yang semula menjadi partner baru Abby (alias pengganti Erin) berkarakter stereotipe ilmuwan nyentrik. Sementara Patty, yang bergabung terakhir, kembali meneruskan tradisi satu-satunya tokoh wanita berkulit hitam, untuk lebih membangun sisi komedi tanpa pondasi yang lebih kokoh.

Kemunculan hantu silih berganti di berbagai tempat di New York kembali memaksa 4 sahabat ini membangun kerjasama sekaligus bersatu menangkap hantu. Tokoh antagonis yang berperan sebagai dalang sungguh disesalkan sama sekali lemah secara motif dan jauh dari kata menakutkan. Ketika kekacauan bertambah parah merajalela, hanya tim Ghostbusters ini yang mampu menjadi andalan seantero kota.

Kredit khusus patut diberikan kepada Chris Hemsworth, yang dengan secara mengejutkan mampu berpotensi dengan peran komedi. Kevin, si resepsionis ceroboh nan bodoh beraksen Australia ini menjadi bulan-bulanan yang mengasyikkan. Terjadi semacam pembalikan gender: stereotipe konon wanita cantik berambut pirang tidak cerdas. Namun kali ini yang menjadi korban justru pria berfisik rupawan sekaligus bergelar Dewa Petir yang seharusnya sempurna.

Kerjasama keempat Paul Feig dan Melissa McCarthy setelah Bridesmaids, The Heat dan Spy ini semakin memantapkan chemistry di antara mereka. Termasuk chemistry Wiig-McCarthy yang sebelumnya digali dengan sungguh seru di Bridemaids. Bagi yang mengenal, kemunculan cameo para pemeran awal Ghostbusters (Bill Murray, Dan Aykroyd, Annie Potts, Ernie Hudson, Sigourney Weaver) memberi ironi yang menarik sekaligus menyegarkan.

Sayangnya pencapaian film yang sengaja peredarannya diundur sekitar seminggu di Indonesia demi memberi “jalan” kepada 5 film Indonesia saat lebaran kemarin itu, masih kalah dibanding karya Feig lainnya. Di balik kebrutalan Bridemaids yang kocak tersimpan kisah yang menyentuh hati, sehingga mampu merebut simpati para juri Oscar yang menghadiahi 2 nominasi Oscar untuk penampilan McCarthy dan penulis skenario (Kristen Wiig dan Annie Mumolo). Sementara The Heat mengungkap dinginnya rasa sepi di sela-sela tawa penonton dan Spy mengajarkan pentingnya semangat juang, Ghostbusters kurang memberi nilai tambah untuk penonton. Kalaupun ada, hanyalah hubungan persahabatan Abby-Erin, yang lagi-lagi penyelamat hubungan antar karakter.

Ketidakcemerlangan Ghostbusters versi feminis ini juga bukan sesuatu yang buruk. Beberapa lelucon masih mengundang tawa. Hanya saja setelah film ini berakhir dapat diingat sebagai hiburan ringan yang menyenangkan tanpa harus berpikir sama sekali.

Catatan: jangan meninggalkan kursi bioskop hingga credit title berakhir, karena akan ada adegan tambahan yang mengindikasikan ke sekuel selanjutnya!

Text by Pikukuh
Photo by thepopbuzz[dot]com

Tinggalkan Balasan