Tepat di hari Kartini, Surabaya Berontak kembali menggelar event tahunan bertajuk Sacrifice for Revolt #4 di Jatim Expo Surabaya. Empat band dari empat kota berbeda, yaitu Gugun Blues Shelter (Jakarta), Burgerkill (Bandung), Shaggy Dog (Yogyakarta), dan Superman Is Dead (Bali) menjadi bintang utama.

Sesuai misi awal untuk menyatukan musik-musik indie di Surabaya, event ini juga turut menghadirkan band indie superlocal Surabaya seperti Devadata, Crucial Conflict, Blingsatan, Blockade, Never Ending Story, Screaming Out, dan Heavy Monster.

Gugun Blues Shelter didapuk sebagai band pembuka event yang semula dijadwalkan pukul 3 sore namun sempat molor kurang lebih 1 jam ini, kemudian berturut-turut dilanjutkan oleh superlocal bands.

Sekitar pukul 7 malam, Jerinx yang masuk stage dengan menaiki sepeda low rider seketika membuat suasana kembali hidup. Seolah tanpa dikomando, The Outsiders dan Lady Roses (sebutan untuk fans Superman Is Dead), yang terlihat paling banyak hadir di antara penonton, secara serentak melakukan moshing dan pogo untuk menyambut irama musik Superman Is Dead.

Di sesi selanjutnya, Shaggy Dog membuat sebagian besar penonton yang tampak familiar dengan musik band asal Yogyakarta ini kembali bernyanyi dan berdansa bersama.

Pesta sepertinya belum segera usai, ketika Burgerkill mengguncang sekaligus menjadi band penutup di event yang menyatukan beberapa genre musik dalam satu panggung ini.

See you guys next year!

 

Photo by Nyoman Yoga Iswara

Script by Octian Anugeraha