Pagelaran musik Jazz Gunung kembali digelar untuk kali ketiga pada 6 sampai dengan 7 Juli yang lalu. Berbeda dengan kebanyakan acara musik lainnya, Jazz Gunung diadakan di kawasan Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang berketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Stage berkonsep outdoor dan berlatarkan keindahan alam gunung Bromo menjadi peningkat antusiasme bagi penonton dan musisi yang tampil, seperti Glenn Fredly, Barry Likumahuwa, Tompi, Iga Mawarni, dan Dewa Budjana.

Tampil di tengah suhu dingin 6 derajat Celcius membuat Iga Mawarni dan Barry Likumahuwa merasa harus beradaptasi lebih keras. Gitaris papan atas, Dewa Bujana, tampil berkolaborasi dengan Djaduk Ferianto dan Slamet Gundono. Duet Glenn Fredly dan Tompi didapuk menjadi penutup Jazz Gunung tahun ini.

Penonton berbalut jaket tebal lengkap dengan kerpus, sarung tangan, dan syal menjadi pemandangan unik di event yang digelar selama dua hari ini. Beberapa tungku pemanas juga tampak di sekeliling venue. Berbagai jajanan tradisional dan minuman hangat, seperti  bakwan, rawon, sekoteng, kopi susu, dan susu jahe yang disajikan dengan apik membuat penonton nyaman di tengah hawa dingin Bromo.

Photo by Prasetyo Kartiko