ParanormalActivityGhostDimension2PARANORMAL ACTIVITY GHOST DIMENSION 2.3/5 STARS
“Kepingan Puzzle Terakhir Aktivitas Paranormal”

Di awal kemunculannya tahun 2009, Paranormal Activity menjadi sleeper hit, kesuksesan tidak terduga dari film horor berbudget minimalis namun berbuah luar biasa. Ditulis dan disutradarai oleh Oren Peli, teknik pengambilan gambar model mockumentary ini menjadi fenomena pada jamannya dan disusul oleh sekuel/prekuel selanjutnya setiap tahun. Jujur, selain seri pertamanya, yang cukup menghentak adalah prekuelnya di Paranormal Activity 3, di mana menjelaskan asal muasal mengapa kakak beradik Katie dan Kristi mulai dihinggapi daya gaib nan misterius.

Kekuatan tak berwujud tersebut dimanifestasikan dengan nama Toby. Toby pula lah yang menjadi tokoh penganggu di seri pamungkasnya ini. Bab terakhir Paranormal Activity menceritakan keluarga muda yang baru pindah di rumah yang dulunya adalah kediaman Katie dan Kristi yang telah menjadi tanah. Ryan (Chris Murray) dan Emily (Brit Shaw) mulai merasakan putrinya, Leila (Ivy George) yang mengalami beberapa kejadian tak wajar.

Ryan bersama adiknya yang sedang menumpang tinggal, Mike (Dan Gill) menemukan kamera dan tumpukan video rekaman yang berasal dari tahun 1988-1992. Adapun kamera tersebut bukan kamera biasa, yang mampu menampilkan gerakan penampakan roh berwarna hitam yang melingkupi sekeliling rumah mereka. Setelah diputar pun, video-video lawas banyak menampilkan tokoh Katie-Kristi yang sedang dilatih dalam melakukan ritual tertentu. Koneksi rekaman video jadul yang seakan dapat “tersambung” dengan kehidupan keluarga Ryan yang bersetting tahun 2013 mengisyaratkan adanya lorong dimensi waktu, yang sebelumnya pernah diperkenalkan lewat Paranormal Activity The Marked Ones.

Plot utama sebenarnya sangat mudah. Roh jahat bernama Toby berupaya kembali hadir dalam wujud darah dan daging dengan adanya syarat percikan darah putra Kristi, Hunter, dan Leila yang bertanggal lahir sama. Ryan dan keluarganya pun berupaya setengah mati agar hal tersebut tidak terjadi. Mampukah mereka?

Penyelesaian di chapter terakhir Paranormal Activity ini cukup menjadi penghubung seri-seri sebelumnya. Namun alih-alih mendebarkan atau meneror seperti di seri perdananya, film ini hanya sebatas mengagetkan saja. Kemunculan Pastor yang berusaha mengusir Toby, bahkan usaha menjebak Toby, dan mengembalikan ke neraka sungguhlah amat basi.

Di sisi lain, tampilan roh yang tertangkap kamera menjadi hal yang berbeda. Adanya lorong dimensi waktu dan tempat yang sebenarnya cukup menarik untuk lebih diulik. Sayangnya tidak dioptimalkan dan hanya berlangsung singkat menjelang akhir film.

Kini kursi sutradara berpindah ke Gregory Plotkin. Produser tetap seri ini, Jason Blum dan Oren Peli sendiri menegaskan bahwa film ini adalah seri pamungkas Paranormal Activity. Belum terlambat memang mengakhiri kisah horor bersambung ini, di mana total lima film pertamanya mampu menghasilkan pundi-pundi uang lebih dari $ 800 juta di seluruh dunia. Namun sayangnya orisinalitas dan kejutan minim terjadi di akhir seri yang seharusnya dapat berbuat lebih banyak, daripada hanya sekedar pengulangan pola sebelumnya. Semoga ke depannya akan ada horor yang lebih mendebarkan dan greget lagi dari Blum atau Peli sekalipun.

Text by @pikukuh22
Photo by imdb[dot]com

Tinggalkan Balasan