conjuring 2THE CONJURING 2 3.8/5 Stars
“Teror Pengancam Nyawa Warren”

Setahun setelah dirilisnya The Conjuring (2013), sutradara James Wan langsung mengumumkan kesiapannya menggarap sekuel lanjutannya.‎ Jadwal peredaran sekuel yang rencananya akan dirilis menjelang Halloween tahun ini dimajukan menjadi 10 Juni 2016. Minggu yang sibuk di negara asalnya, mengingat The Conjuring 2 harus bersaing dengan sekuel lainnya Now You See Me 2 dan film adaptasi Warcraft.

The Conjuring 2 masih diunggulkan akan merajai box office. Faktor Wan masih menjadi daya tarik utama, selain kisah filmnya yang cukup menggedor meski belum termasuk luar biasa. Wan pun lebih memilih The Conjuring 2, sekaligus menampik tawaran menyutradarai‎ Furious 8.

Selain faktor Wan, chemistry dua pemain utama, nominator Oscar, Vera Farmiga dan Patrick Wilson kian solid. Penonton pun dapat merasakan betapa karakter mereka saling membutuhkan satu sama lain, sekaligus menjadi pemanis yang menyenangkan. Drama yang dihadirkan tidak berlebihan dan kali ini lebih personal dibanding pendahulunya.

Kisah The Conjuring 2 kali ini ber-setting di Inggris, masih seputar rumah yang didiami roh jahat, lalu mengganggu keluarga, terutama anak-anak yang menempatinya‎. Ed dan Lorraine Warren kembali diminta perwakilan tidak langsung dari gereja untuk menyelidikinya.

Yang membedakan dengan horor ber-setting rumah lainnya jelas bagaimana proses eksekusi Wan dan tim yang cukup rapi. Beberapa adegan jump-scared masih efektif memberi efek kejut bagi penonton, berkat tata suara, visualisasi dan sinematografi yang mengganggu tapi tidak membuat pusing.

1 jam pertama ‎masih generik, belum bisa dikatakan istimewa. Namun separuh jam terakhir mulai lebih menarik. Isu apakah karakter Janet benar-benar dirasuki atau hanya sekedar tipu daya coba dihadirkan sebagai pengalihan yang sebenarnya penonton sudah mengetahui jawabannya. Sedangkan subplot kehadiran iblis yang mengancam nyawa karakter utama dieksekusi sesuai perkiraan.

‎Mau tidak mau, The Conjuring 2 akan dibandingkan dengan pendahulunya. Belum sepenuhnya menyamai, namun setidaknya The Conjuring 2 masih memberikan nilai tambah yang berbeda. Film based on true story ini ditutup dengan diperdengarkannya rekaman wawancara Janet yang “asli”. Sangat dimungkinkan lanjutan jilid ketiganya beberapa tahun lagi.

Text by Pikukuh
Photo by comingsoon[dot]net

Tinggalkan Balasan