fin07_lwh_1sht_throne_modern_trimTHE LAST WITCH HUNTER 2.7/5 STARS
“Keabadian Membawa Petaka”

Di awal film bercerita tentang pemburu hantu! Ups! Penyihir yang jauh berkelana untuk membinasakan sang penguasa, Witch Queen. Namun sang Ratu hanya takluk di tangan jagoan, Kaulder (Vin Diesel). Sesaat sebelum meregang nyawa, Witch Queen merapal kutukan bahwa Kaulder akan abadi, hidup sendirian selamanya. Nyatanya benar terjadi. Kaulder bisa bertahan hidup sekian ratus tahun melintasi berbagai era jaman.

Kaulder mengabdi kepada organisasi Ordo Axe & Cross (Kapak dan Salib), yang bertugas menjaga perdamaian antara kaum manusia dan penyihir yang hidup di seluruh penjuru bumi. Mereka memiliki satu peraturan dasar: “jangan pernah menggunakan sihir kepada manusia”. Sebagai rekan penasehat sekaligus sahabat, dihadirkanlah Dolan, tokoh pastur antar generasi mendampingi petualangan Kaulder.

Saat ini, Dolan ke-36, (Michael Caine) akan pensiun dan akan segera digantikan oleh penerusnya, Dolan ke-37 (Elijah Wood). Sesaat sebelumnya terjadi kejadian misterius yang menimpa Dolan ke-36. Menjadi amanat Kaulder dan Dolan ke-37 untuk memecahkan permasalahan, sekaligus membongkar komplotan yang menginginkan kebangkitan sang Witch Queen, yang ternyata jantungnya masih berdetak. Kaulder pun mendapat bantuan dari penyihir wanita Chloe (Rose Leslie) yang mampu memasuki alam mimpi.

Tema supernatural kembali dihadirkan oleh Hollywood, setelah The Sorcerer’s Apprentice dan Seventh Son yang tidak hanya buruk secara kualitas, namun gagal di pasaran alias tidak laku. Nasib serupa hampir menghinggapi film ini. Dengan budget lebih dari $ 90 juta, film keluaran Lionsgate (Summit Entertainment) ini hanya mampu membukukan pendapatan kotor $ 10.8 juta di weekend peredarannya. Hanya menduduki peringkat ke-4 USA Box Office, dan kalah telak dari film-film yang telah lebih dulu dirilis, The Martian, Goosebumps, dan Bridge of Spies.

Pertanyaan terbesar film ini justru: “Sanggupkah Vin Diesel mencetak box office di luar seri Fast & Furious?” Seharusnya Diesel bisa tampil lebih berkharisma lagi, dan sayangnya penonton tidak merasakan koneksi yang kuat dengan karakter Kaulder. Penggambaran masa lalu Kaulder dan keluarganya di flash back mimpi sekelebat berlangsung tanpa emosi, minim mengundang empati, dan hanya sebatas dua dimensi saja.

Usaha Diesel membangun citra di luar karakter Dominic Toretto nyaris menemukan kebuntuan. Bahkan sudah diagendakan Diesel tampil bermain dalam seri lanjutan ketiga XXX. Jika The Last Witch Hunter sukses, sebenarnya sempat diwacanakan sekuelnya. Namun melihat catatan pendapatan yang cukup mengecewakan, produksi sekuel The Last Witch Hunter bisa jadi tinggal wacana.

Selain Diesel, nama lain yang patut mendapat perhatian adalah Michael Caine. Pemenang Oscar ini tampil mengesankan, simpatik, serupa dengan peran Alfred sebagai pendamping setia Bruce Wayne. Ironisnya Caine justru bersinar sendirian di tengah film yang sebenarnya masuk ke dalam kategori kelas B ini.

tidak ada hal menyegarkan dari plotnya. Pertarungan versus penyihir pun tidak ada yang menggetarkan dan twist tentang adanya orang kepercayaan Kaulder yang berkhianat pun bukan hal baru, serta dapat dipastikan diakhiri dengan happy ending. Usaha Diesel sebagai motor action supernatural ini sesungguhnya tidak buruk-buruk amat, tapi masih sangat jauh untuk dapat dikategorikan seru.

Text by @pikukuh22
Photo by imdb[dot]com

Tinggalkan Balasan